Klinik Nyeri Dr Indrajana

Pergelangan Tangan Kanan Sakit, Apakah de Quervain Syndrome?

Pergelangan tangan kanan sakit atau pergelangan tangan sakit saat ditekuk bisa menyebabkan gerakan tangan tak lagi lancar saat beraktivitas harian.

Apalagi keluhan ini mulai mengganggu aktivitas yang Anda perlu lakukan, misalnya saat mengetik, mengangkat berat atau saat memainkan alat musik.

Sakit pada pergelangan tangan ke dokter apa juga menjadi pertanyaan yang sering diajukan pada saat berkonsultasi secara online.

Pergelangan Tangan Kanan Sakit

Fungsi tulang pergelangan tangan sangat memegang peran penting dalam pergerakan tangan dan jari. Tulang-tulang tangan pada pergelangan tangan juga berperan sebagai penghubung antara jari dengan berbagai jaringan dan tulang lainnya sehingga jari dan tangan dapat bergerak saat beraktivitas.

Bila ada masalah pada struktur area pergelangan tersebut, seperti tendon, ligamen dan lainnya, dapat menyebabkan rasa nyeri.

Tendon pada pergelangan tangan rentan alami cedera atau peradangan mengingat aktivitas rutin yang Anda lakukan. Kondisi ini dikenal dengan nama tenosinovitis de Quervain atau tendinitis de Quervain (de Quervain syndrome).

Jadi kondisi ini akibat meradangnya selaput tendon yang menyelimuti tendon-tendon extensor pollicis brevis dan abductor pollicis longus

Sedangkan arti tenosinovitis atau tenosynovitis adalah peradangan selaput tendon yang berada di sarung sinovial.

Gejala de Quervain Syndrome

Nyeri bisa muncul saat memegang gelas atau terasa sakit pada area ibu jari dan pergelangan tangan. Selain itu berikut gejala lainnya:

  • Ibu jari membengkak dan nyeri saat ditekan
  • Gerakan ibu jari menjadi terhambat
  • Gerakan aktif akan memicu nyeri yang hebat

Namun  memang kemungkin nyeri pada pergelangan tangan kanan ini tidak hanya didominasi oleh tenosivitis de Quervain ini. Penyebab lainnya bisa berupa adanya cedera, tekanan yang berulang secara terus menerus, rheumatoid artritis (peradangan sendi), dan lainnya.

Pekerjaan yang banyak menggunakan pergerakan tangan (tukang kayu, pekerja kantoran, guru, pekerjaan rumah tangga, pemain musik, sering menggendong bayi, dan lainnya) memiliki risiko tinggi mengalami nyeri.

Sebagai gejalanya, nyeri pada bagian sisi ibu jari pergelangan tangan dan dasar ibu jari, saat beraktivitas seperti menggenggam dan lainnya.

Cara Mengobati Pergelangan Tangan Kanan Sakit, de Quervain Syndrome

Nyeri terus menerus tentu membuat gangguan pada aktivitas rutin.

Pengobatan alternatif untuk de Quervain syndrome atau tenosinovitis adalah memberikan kompres dingin atau es yang dilapisi dengan handuk untuk bantu mengurangi nyeri dan bengkak.

Mengingat adanya proses meradangnya selubung tendon, akibatnya membengkak atau tebal yang lama kelamaan menekan jaringan sekitarnya termasuk saraf. Dampak tekanan itu bisa mengakibatkan friksi atau gesekan antara tulang otot. Itu sebabnya saat Anda menggunakan ibu jari dan pergelangan tangan akan muncul sakit saat mencoba menggerakkan area ini. Mengepal, genggam, pegang benda atau saat memutar handle pintu, contohnya, nyeri pun muncul.

Cara mengobati pergelangan tangan kanan sakit de Quervain syndrome, bisa dengan minum obat pereda sakit yang telah diresepkan dokter. Selain itu, dokter juga bisa memberikan injeksi kortikosteroid ke area yang terasa sakit.

Kadangkala, program fisioterapi dengan gerakan-gerakan tertentu juga bisa dianjurkan dokter guna membantu meredakan nyerinya dan agar gerakan pergelangan tangan kanan atau pergelangan tangan kiri menjadi lebih leluasa tanpa nyeri.

Belat atau penyangga juga bisa membantu mengobati nyeri sendi pergelangan tangan, dan agar menjaga posisi ibu jari dan pergelangan tangan tetap lurus sehingga dapat mengurangi gerakan dan tekanan.

Artikel Terkait