Klinik Nyeri Dr Indrajana

Pertolongan pertama saraf kejepit

Pertolongan Pertama Saraf Kejepit, Bantu Redakan Nyeri

 

Pertolongan pertama saraf kejepit mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk membantu meredakan nyeri atau rasa tak nyaman lainnya. Tetapi ingat, jangan terlena bila rasa nyeri tidak kunjung sembuh. Bila hal ini terjadi, berarti menjadi tanda penting untuk segera konsultasi dengan dokter spesialis yang kompeten menangani saraf kejepit pinggang atau medisnya HNP lumbal.

Apa yang tidak boleh dilakukan saraf kejepit juga perlu diketahui agar kondisi saraf yang kejepit ini tidak memburuk.

Cara Mengatasi Saraf Kejepit di Pinggang

Sebelumnya, perlu paham apa itu saraf kejepit. Saraf kejepit adalah kondisi medis yang terjadi akibat adanya bantalan tulang di ruas tulang belakang sudah menonjol akibat tekanan yang berlebihan, sehingga ke luar dari cincin pelindungnya. Tonjolan ini akan menekan saraf di tulang belakang sehingga menimbulkan serangkaian gejala. HNP L5-S1 kadang menjadi lokasi tersering, karena ruas tulang belakang ini menahan beban saat beraktivitas.

Tekanan berlebihan yang berlangsung lama dan berulang, bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebihan, postur tubuh yang buruk, duduk lama, berdiri lama, atau adanya tumor dan infeksi yang pada akhirnya merusak struktur tulang belakang.  Sering mengangkat, menarik, benda berat apalagi dengan cara yang salah, juga bisa menjadi faktor pemicu kerusakan bantalan tulang.

Apakah ada cara menyembuhkan saraf kejepit tanpa operasi? Jawaban dari pertanyaan ini adalah kini memungkinkan tanpa operasi. Namun bergantung pada ringan beratnya kondisi, dan berdasakan hasil pemeriksaan fisik dokter serta hasil pemeriksaan radiologis, seperti MRI.

Suntik saraf kejepit bisa menjadi salah satu solusinya. Epidural steroid injection (ESI) adalah nama prosedurnya. Bisa juga dikenal dengan istilah suntik saraf kejepit. Selain itu pilihan lainnya adalah radiofrekuensi ablasi (RFA). Laser saraf kejepit atau PLDD (percutaneous laser disc decompression), dengan menggunakan laser yang ditujukan ke bantalan tulang untuk mengecilkan ukuran bantalan tulang sehingga memperkecil risiko menjepit saraf.

Endoskopi BESS (biportal endoscopic spine surgery) yang kini semakin beken dalam memperbaiki kualitas hidup penderita HNP lumbal, juga menjadi pilihan terutama derajat saraf kejepit sudah berat. Ini bisa dibilang tanpa operasi, yang berbeda dengan operasi terbuka dulu. BESS hanya menggunakan sayatan kecil, sehingga proses pemulihan lebih cepat. Namun ya ingat ada beberapa pantangan aktivitas sesudahnya. Tidak lama, hanya dalam 3 bulan perlu mengurangi aktivitas angkat beban, membungkuk dan naik turun tangga. Korset juga perlu dipakai dalam waktu kurang lebih 3 bulan.

Apa yang Dirasakan Jika Terkena Saraf Kejepit?

Gejalanya juga bergantung pada lokasi dan derajatnya. Saraf kejepit bisa berlokasi di pinggang atau lumbal yang dikenal dengan HNP lumbal. Umumnya menimbulkan gejala nyeri yang menjalar, dibarengi dengan rasa kesemutan dan kebas/baal. Ciri khasnya hal ini muncul di hanya salah satu sisi tubuh saja. Penjalaran nyeri bisa sampai ke tungkai. Bahkan terasa betis seperti ditusuk-tusuk, telapak kaki terasa panas, tidak nyaman duduk lama, hingga kelemahan otot kaki, atau saraf kejepit tidak bisa jalan.

Apa Saraf Kejepit Tidak Boleh Naik Motor?

Bila sudah ada gejala yang kemungkinan mengarah pada ciri ciri saraf kejepit, naik motor terutama dalam waktu lama, getaran yang ditimbulkan takutnya dapat memperburuk kondisi bantalan tulang yang sudah menonjol. Apalagi kalau sering melewati jalan tidak rata atau berlubang.

Pertolongan Pertama Saraf Kejepit

Bagaimana cara mengetahui saraf kejepit, bisa dikenali dengan nyeri atau rasa tidak nyaman di salah satu sisi. Untuk memastikannya, sebelum terlambat, konsultasi dengan dokter menjadi langkah kesembuhan. Jangan lupa, saraf kejepit tidak selalu harus operasi.

Pertolongan pertama pada saraf kejepit yang bisa dilakukan adalah segera istirahat, atau berhenti lakukan aktivitas yang memicu nyeri. Misalnya duduk lama, berdiri lama, membungkuk, naik turun tangga, mengangkat benda berat, melompat, sering memutar tubuh mendadak (saat olahraga sepak bola, basket), dan lainnya.

Kompres hangat dan minum obat pereda nyeri juga bisa dilakukan untuk membantu kurangi nyeri. Bila nyeri pinggang terasa berat, bisa gunakan korset yang bermanfaat untuk membatasi gerakan berlebihan di tulang belakang.

Pertolongan Pertama Saraf Kejepit

Fisioterapi saraf kejepit atau fisioterapi hnp lumbal bisa bermanfaat namun saat saraf kejepit masih dalam derajat ringan. Olahraga dalam air (hydrotherapy) atau renang juga bisa membantu atasi nyeri saraf kejepit di kaki kanan.

Tetapi, ingat ya, bila semua ini sudah dilakukan dan tidak ada perbaikan sama sekali. Segera jadwalkan konsultasi dokter agar memperoleh penanganan yang tepat. Tanda saraf kejepit sudah parah bisa berupa kelemahan otot atau bahkan kelumpuhan. Kebas, kesemutan seperti ditusuk, baal yang menjalar juga merupakan salah satu tanda penyertanya. Bahkan tidak dapat menahan kencing atau buang air besar bisa terjadi. Ini juga menjadi jawaban, apakah saraf kejepit berbahaya.

Berapa Lama Sembuh Dari Syaraf Kejepit?

Ini juga bergantung pada ringan beratnya jepitan saraf tulang belakang, usia, penyebab, berapa lama, kondisi tulang belakang dan cepat lambatnya mendapatkan penanganan yang tepat atau dari hasil MRI saraf kejepit.

Cara terapi saraf kejepit akan direkomendasikan dokter sesuai dengan gejala yang ditunjang dengan hasil MRI. MRI saraf kejepit ini akan menampakkan lokasi jepitan,dan  penyebab nyeri tulang belakang. Apakah ada penyempitan (stenosis spinal), tumor atau tulang belakang bergeser (spondylolisthesis) atau ada fraktur kompresi akibat jatuh atau cedera atau juga tulang belakang keropos akibat osteoporosis.

Apa yang harus dilakukan saat saraf kejepit kambuh? Untuk pertanyaan ini, jawabannya adalah kembali berkonsultasi atau kontrol ke dokter. Kekambuhan mungkin saja bisa terjadi akibat kembali melakukan aktivitas berat yang bisa saja membebani bantalan tulang belakang atau diskus intervertebralis.

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait